Rambut Pubis? Buat Apa Sih?

Ada yang ngerasa risih, ada yang biasa aja. Kalau kamu gimana?

Tanggapan kamu (6)

Bukan rahasia lagi kalau saat memasuki usia puber, kita akan mengalami sejumlah perubahan. Kemunculan rambut kemaluan (rambut pubis) adalah salah satunya.

Rambut ini muncul karena adanya peningkatan kadar hormon testosteron dalam tubuh. Rambut ini biasanya muncul hampir berbarengan dengan tumbuhnya payudara. Semakin matang tubuh kita, maka semakin cepat dan lebat rambut pubis yang tumbuh.

Di awal perkembangannya, rambut pubis masih berupa rambut halus dan tipis. Yep, rambut ini tidak langsung tumbuh lebat dan juga akan muncul di sekitar selangkangan dan sekitar lubang anus.

Lalu apa sih fungsi rambut pubis?

  • Rambut ini berfungsi untuk menjaga area intim kita dari kotoran, bakteri dan virus. Sama kayak bulu mata, melindungi mata dari debu, alis melindungi mata dari keringat.
  • Vagina sangat rentan lecet dan mengalami ruam. Nah di sanalah rambut pubis berfungsi. Ia akan melindungi vagina kamu dari iritasi dan gesekan saat kamu beraktivitas seperti menggunakan pakaian yang ketat, bermain sepeda, berlari atau aktivitas lainnya.

Nah, Springster mau kasih sedikit tipsnya nih buat menjaga kebersihan rambut pubis:

  • Selalu bersihkan rambut pubis dengan benar. Cukup dengan air biasa tanpa sabun. Penggunaan sabun di sekitar vagina tidak disarankan oleh dokter karena dapat menimbulkan iritasi dan mengganggu bakteri baik yang ada di area tersebut.
  • Pastikan selalu mengeringkan area rambut pubis setelah mandi atau buang air. Ini penting agar daerah intim tidak lembab dan jadi sarang kuman dan bakteri.

Sekarang kamu udah tahukan fungsi rambut pubis. Selalu ingat untuk jaga kebersihan di area tersebut ya supaya terhindar dari kuman dan penyakit.

Kalau kamu punya tips lain atau pertanyaan seputar artikel di atas, silakan tulis di kolom komentar yaa!

Share your feedback

Tanggapan kamu

putrix

bagus banget artikelnya!

17 Mei 2022, 10.32

Rostinmemet

🤍aku suka artikelnya 😊

6 Mei 2022, 9.04

Kata temen aku, rambut pubis emang boleh dikasih shampoo?

20 Maret 2022, 20.17

Latest Reply

Hei, Snk. Tidak perlu kok mencuci rambut pubis kita dengan shampoo, cukup dengan air saja. Semoga jawabannya membantu, ya! :)

Kak kata temenku harus dicukur,cara mencukurnya gimana kak?

20 Maret 2022, 20.17

Latest Reply

Hai Anisss_! Cukur atau enggak, itu pilihan, yang penting adalah kebersihan area intim kamu! Dijaga yaaa~