Belajar Itu Nggak Terbatas Hanya di Ruang Kelas

Selalu ada ruang untuk belajar hal-hal baru untukmu.

Your thoughts (29)

Kamu pasti pernah seperti ini deh… Menjadi murid yang bengong ngeliat tembok pas guru lagi ngejelasin pelajaran. Dan mikir: “Secepatnya aku selesai sekolah, aku nggak akan pernah mau belajar lagi. Titik. Dan oh, aku bakal ngemil es krim seusai makan hanya karena aku adalah seorang #bos nantinya.”

Jangan senang dulu. Belajar nggak berhenti seusai sekolah. Kamu tuh baru aja akan mulai dalam perjalanan “belajar” mu.

Selama kamu masih hidup, ya kamu akan terus belajar. Malah, kamu akan belajar dari kehidupan itu sendiri. Karena kamu akan bersentuhan langsung dengan masyarakat, dan secara nggak langsung kamu “sekolah” juga. Dan percaya deh, nggak ada guru atau ilmu yang lebih baik daripada pengalamanmu sendiri.

Tanpa sadar, kehidupan di luar sekolah akan jauh mendewasakan dirimu. Misalnya, dari caramu berbicara atau caramu mengolah pikiran dan mengungkapkannya. Ini bukan hal gampang loh. Seseorang bisa dilihat kepandaiannya, dari cara ia membawa diri. Dan hei, ini bisa dipelajari dan dilatih! Hal-hal ini disebut soft skills, yaitu keterampilan dalam berbicara, mengolah tata bahasa, menulis, berpikir, kepemimpinan dan menjalin hubungan dengan orang lain.

Gimana ya kehidupan di luar sekolah nantinya? Gimana ngadepin hal-hal serius ala orang dewasa? Belum lagi, gimana nasibnya kehidupan mikroskopis sel-sel tubuh kita atau bahkan kehidupan di galaksi lain???

Oke. Kita kebanyakan berkhayal.

Ketahuilah ini: Ilmu bisa didapatkan dimana saja. Dan belajar itu nggak terbatas di ruang kelasmu! Kalian bisa nyempetin baca di toko buku atau perpustakaan terdekat. Untuk apa? Untuk memperluas wawasan. Banyak membaca akan membuat kalian lebih pintar. Nonton deh film atau apapun yang menarik bagimu. Kembangin hobi dan minatmu dengan serius, anggap aja kayak lagi kerja.

Biarkan dirimu terinspirasi dari banyak hal-hal baru, hal-hal yang bahkan kamu nggak tau sebelumnya! Mereka yang terus ingin tau dan lapar akan pengetahuan adalah mereka yang akan merubah dunia -- buktikan kalo kamu salah satu dari mereka!

Share your feedback

Your thoughts

Subhanallah :) Girl Effect lu membantu gua banget . Girl effect memang sahabat ku :)

March 20, 2022, 8:20 p.m.

Berkat adanya Girl Effect membntu bnget thank

March 20, 2022, 8:20 p.m.

Pengalaman adalh guru yg baik

March 20, 2022, 8:20 p.m.

Aku pernah ngerasain kaya itu... Bengong ajaa

March 20, 2022, 8:20 p.m.

aku pernah ngalamin sperti itu

March 20, 2022, 8:20 p.m.

Iya bener banget.

March 20, 2022, 8:20 p.m.

W0ww...makasih! artikel ini membuat aku sadar

March 20, 2022, 8:20 p.m.

Aq ngerasain itu .... Thanks yaa artikelnya

March 20, 2022, 8:20 p.m.

Yup, benar..

March 20, 2022, 8:20 p.m.

Benar ,..😆👍

March 20, 2022, 8:20 p.m.

bener bangetttt...

March 20, 2022, 8:20 p.m.

betul sekali...

March 20, 2022, 8:20 p.m.

Siip..👍👍👍☝

March 20, 2022, 8:20 p.m.

Semangat belajar..

March 20, 2022, 8:20 p.m.

Benar sekali...

March 20, 2022, 8:20 p.m.

SETUJU!!!

March 20, 2022, 8:20 p.m.

Betul

March 20, 2022, 8:20 p.m.

Setuju

March 20, 2022, 8:20 p.m.

Benar skli

March 20, 2022, 8:20 p.m.

Setuju....

March 20, 2022, 8:19 p.m.

Siiippp

March 20, 2022, 8:19 p.m.

banyak membaca banyak pengetahuan :)

March 20, 2022, 8:19 p.m.

Masih harus banyak belajar buat masa depan! :)

March 20, 2022, 8:19 p.m.

Karena banyak belajar itu membuat kita menjadi pintar, Dan kita harus giat belajar bukan sampai di sni ajh tapi sampai kita mati pun kita harus giat belajar. Belajar dari kehidupan kita

March 20, 2022, 8:19 p.m.

Yeah!!!

March 20, 2022, 8:19 p.m.

Belajar bukan hanya disekolah, memang . yang terpenting adalah bagaimana kita dlm proses belajar bukan sekedar hasilnya

March 20, 2022, 8:18 p.m.

Latest Reply

Yup, setuju banget, Zaidar! Dalam belajar kita juga harus menghargai prosesnya supaya kita bisa betul-betul ngerti soal pelajaran itu. Terima kasih telah menyampaikan pendapatmu di sini, ya!

Aku sedih banget kk karena tiap aku mendapat ranking dari SD slalu ada yg fitnah aku,kalo aku nyogok,padahal aku gk mungkin kaya gtu.nyogok itu kan dosa...kadang aku slalu ngerasa kesel sampai saat ini aku duduk dibangku SMP tiap aku ranking 1 murid lain slalu ada yg bilang,kalo keberhasilan aku itu karena ada kakaku yg menjadi guru disekolahku..murid lain jg banyak yg sodaranya guru dan ortu ny guru mereka tdk mendapat ranking.tp kenapa mereka memfitnah aku seperti itu.apakah mereka itu iri padaku,aku mendapat ranking bukan karna bantuan keluarga ku tp itu hasil kerja keras ku

March 20, 2022, 8:18 p.m.

Latest Reply

Hei, @Septianti. Jangan bersedih, yaaa. Kamu harus tetap semangat dan tunjukkan ke teman kamu kalau kamu mendapatkan ranking itu karena usahamu sendiri! Caranya? Coba sesekali kamu ajak teman kamu untuk belajar bareng, kalau ada hal yang dia ngerasa gak bisa, kamu ajarkan ke dia! Semoga membantu, yaaa.