Apa Sih Paket C Itu?

Dan 1001 hal tentang paket C, terjawab di sini!

Tanggapan kamu (28)

Ngerti banget deh, walaupun sering mendengar kata ini di mana-mana, tapi kalo udah ngomongin “Paket C” biasanya ada banyak pertanyaan nyangkut di kepala kalian. Berikut ini, kami kumpulkan pertanyaan dari teman-teman kita tentang Paket C, semoga nggak bingung lagi, ya!

Apa sih Paket C itu? - Dinda, 16 tahun

Paket C adalah bagian dari Ujian Nasional Pendidikan Kesetaraan, yaitu ujian yang diberikan kepada mereka yang nggak mengikuti pendidikan formal tapi ingin mendapatkan ijazah. Paket C, adalah untuk mereka yang ingin dapat ijazah setara SMA, paket B untuk pendidikan setara SMP, dan paket A untuk pendidikan setara SD.

Dulu aku cuma sekolah sampai kelas 1 SMA, dan itu sudah 4 tahun yang lalu. Apa aku bisa ikut Ujian Paket C? Berapa sih batas umur untuk mengikutinya? - Lala, 19 tahun

Nggak ada batasan umur tertentu dan siapa aja bisa mengikutinya. Dari yang nggak pernah sekolah, yang putus sekolah, yang nggak lulus UN, yang nggak mengikuti pendidikan formal (homeschooling), sampe mereka yang sudah di usia kerja tapi belum punya ijazah, semua boleh ikut kok.

Apa hasil yang didapatkan dari ujian Paket C? - Yana, 18 tahun

Tentu kita mendapatkan ijazah yang status ijazahnya sudah disamakan dengan ijazah yang diperoleh lewat Ujian Nasional (UN). Perbedaannya hanya pada tandatangan di ijazahnya. Kalau ijazah formal yang tandatangan adalah kepala sekolah, sedangkan untuk Paket C, yang tandatangan adalah kepala dinas pendidikan kota/kabupaten setempat.

Rencananya tahun depan aku mau ikut Paket C, apa ijazahnya bisa dipakai untuk mendaftar kuliah atau melamar kerja? - Rahma, 16 tahun

Tentu aja! Ijazah Paket C bisa digunakan untuk mendaftar ke perguruan tinggi, baik swata maupun negeri. Untuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) ijazah paket C bisa diterima melalui jalur Seleksi Bersama Nasional (SBMPTN) dan jalur mandiri. Untuk jalur Seleksi Nasional (SNMPTN) ijazah tersebut belum bisa, karena SNMPTN hanya diselenggarakan untuk pendidikan formal saja. Dan tentu kamu bisa menggunakan ijazahnya untuk melamar kerja!

Aku baru ikut ujian Paket C, tapi hasil ujian Paket C-ku belum keluar. Padahal syarat utama untuk ikut SBMPTN adalah keluarnya nilai UN. Kira-kira gimana ya? - Tanti, 18 tahun

Peserta SBMPTN harus lulus dari sekolah dan UN SMA/MA/SMK/MAK atau Ujian Kesetaraan yang setara dengan 3 tahun terakhir dan telah memiliki ijazah SMA/MA/SMK/MAK atau yang setara. Khusus bagi peserta Paket C, hanya boleh mengikuti SBMPTN jika sudah memiliki Ijazah Paket C. Bila nilai Paket C belum terbit pada saat pelaksanaan SBMPTN tahun berjalan, silakan mengikuti SBMPTN di tahun berikutnya.

Gimana, apakah setelah membaca ini pertanyaanmu tentang Paket C terjawab? Ceritakan ke kami, ya!

Share your feedback

Tanggapan kamu

Kak kalo yg cuma lulusan sd aja bisa ngga sih langsung ambil paket c

20 Maret 2022, 20.17

Latest Reply

Hai Syifa! Ngga bisa yaaa~ Soalnya ini ujian untuk dapet ijazah SMA, dan untuk ikut ujian paket C, kamu harus punya ijazah SMP dulu hehehe

Kak cara daftar paket c gimana kak? Apakah ada syarat²nya selain ijazah terakhir dr sekolah?

Hai kak cara belajar paket c itu gimana yah?

20 Maret 2022, 20.17

Latest Reply

Hai W3lc0m! Cara belajarnya ada macam-macam ko, tapi pada dasarnya sama dengan belajar seperti biasa, hanya saja tidak dilakuan di sekolah. Biasanya dalam kelompok belajar yag dibuat oleh lembaga pendidikan non-formal (lembaga selain sekolah formal) :)

Paket c itu pasti lulus kan ya ? Soalnya kan kita ga belajar

20 Maret 2022, 20.17

Latest Reply

Hai Asyifa! Gak juga, ada batas nilai tertentu yang harus kamu capai. Sama seperti ujian lainnya :)

Banyak yg bilang kalo palet c itu dapet kunci jawaban, bener ngga sih ?

20 Maret 2022, 20.17

Latest Reply

Hai Asyifa! Rumor seperti itu selalu ada, tapi sebaiknya dihindari ya :)

Halo kak sya mau nanya klo sya tidak naik kelas ap saya bsa setara dengan tmn tmn sya di kelas atas sya dengan mengikuti pakrt c ini?

20 Maret 2022, 20.17

Latest Reply

Hai Harley! Yang akan sama adalah status bahwa kamu telah berhasil menamatkan satu jenjang pendidikan (SD/SMP/SMA).

Sistem paket c itu cuma ujian hbis tu langsung dapat ijazah atau harus belajar seperti di sekolah dulu baru dpt ijazah?

20 Maret 2022, 20.17

Latest Reply

Hai Krisna_putra! Kamu harus tetap belajar dulu dong sebelum mengikuti ujian ini, biasanya ada program pendidikan yang diberikan oleh pihak penyelenggara :D

Apakah tanpa lulus paket B dapat langsung mendaftar paket C?

20 Maret 2022, 20.17

Latest Reply

Hai Amatuho! Kamu harus lulus ujian paket B atau punya ijazah SMP dulu baru bisa ikut paket C yaaa :)

Saya kls 9 smp saya mau pindah di sekolah di paket c apakah saya bisa masuk ke sma negeri ?

20 Maret 2022, 20.17

Saya kls 9 smp saya mau pindah di sekolah di paket c apakah saya bisa masuk ke sma negeri ?

20 Maret 2022, 20.17

Latest Reply

Hai Springster! Terima kasih sudah membaca artikel Springster dan berani mengungkapkan pertanyaan kamu. Kalau kamu memiliki ijazah paket B atau setara SMP, kamu bisa mengikuti ujian seleksi masuk SMA negeri ataupun swasta. Begitu juga kalau kamu punya ijazah paket C atau setara SMA, kamu bisa ikut tes seleksi masuk perguruan tinggi negeri maupun swasta. Semoga membantu yaa~ :D

Hallo, saya lia. Saya mau tanya kalau mau ikut paket C itu dimana sih? Trus syarat-syaratnya apa aja? Mohon dijawab yah,,, Terima kasih^_^

20 Maret 2022, 20.16

Latest Reply

Hai Lia! Sekolah Paket C biasanya diselenggarakan oleh Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) masing-masing daerah. Jadi, yang pertama harus dilakukan adalah kamu mencaritahu tentang PKBM yang ada di daerah kamu dan menghubungi mereka untuk informasi lebih lanjut. Masing-masing PKBM bisa saja punya syarat yang berbeda-beda, tapi pada umumnya, untuk menempuh Paket C, kamu harus mengikuti pendaftaran dan juga membawa ijazah SMP, foto kopi KK dan Akte Kelahiran. Semangat terus dan semoga membantu~ ^_^

Mau nanya. Jadi kalau udah ikut paket C misalnya, berarti kita gak perlu ikut UN kayak yang di sekolah2 formal kan? Soalnya ada ngeliat artikel kalau ada siswa homeschooling ikut UN juga tapi menumpang di sekolah formal. Jadinya bingung maksudnya gimana.

20 Maret 2022, 20.16

Latest Reply

Hai Nanadku! Peserta kejar paket tetap ikutan UN kayak sekolah formal, ya. Kan biar dapet ijazah yang resmi dan diakui hehehe. Biasanya ujian tersebut akan diselenggarakan oleh Pusat Kegiatan Belajar Mahasiswa (PKBM) yang bekerjasama dengan Kementrian Pendidikan. Buat anak-anak yang homeschooling mereka bisa juga mendaftar di PKBM ataupun di sekolah formal yang membuka program ujian tersebut. Semoga membantu! ^_^

kak aku maunya, kalo misalkan aku sudah lulus paket B tahun 2020, dan ditahun 2020 ini juga langsung ikut paket c bisa tidak ya kak? umur aku sudah 17 tahun ka

20 Maret 2022, 20.16

Latest Reply

Hai Springster! Sepengetahuan Kak Sekar, bisa. Untuk memastikannya, kamu bisa menanyakannya ke PKBM yang menyelenggarakan Kejar Paket C di wilayah tempat tinggal kamu, ya! Terima kasih sudah bertanya di artikel Springster~ 😊

Hai Kak, Saya Ingin Tanya, Apakah Lulusan Paket B 2021 Mendatang Bisa Langsung ikut Mendaftar PPDB SMA Formal ?

20 Maret 2022, 20.16

Latest Reply

Hai Athen_! Biasanya, asal sekolah tersebut masih membuka penerimaan siswa baru, kamu masih bisa ikutan mendaftar! Terima kasih ya sudah berani bertanya~ 😊

Hai kak, sy mau nanya... Sy anak IPS (kelas 12) Sy sudah punya tujuan kuliah dan prodi yang akan sy ambil berikutnya, namun prodi yg akan sy ambil syaratnya adl dr jurusan IPA Bisakah sy ikut kelas belajar paket C dg memilih jurusan IPA?

20 Maret 2022, 20.16

Latest Reply

Hai Nuzulul_Fahri19! Berhubung ini keputusan yang besar, menurut Kak Sekar, mending kamu ngobrol-ngobrol dulu sama guru kamu, deh! Biasanya guru BK atau wali kelas kamu bakal mau dengerin dan cariin solusinya. Terima kasih ya sudah berkomentar~ 🙌🏼😁